Selasa, 30 Mei 2017

5 Tips Cara Bisnis Properti untuk Pemula Yang Wajib Diketahui


Apakah saat ini Anda sedang mencari cara bisnis properti untuk pemula? Untuk merintis bisnis ini memang tidak mudah dan membutuhkan modal yang cukup besar. Oleh sebab itu, bagi pemula sebaiknya memulai bisnis properti dengan menjadi makelar terlebih dahulu. Ada banyak ilmu mengenai properti yang bisa dipelajari ketika menjadi makelar. Selain itu, menjadi makelar tidak membutuhkan modal uang.

Pengetahuan merupakan modal penting dalam menjalani bisnis yang bernilai tinggi ini. Sebesar apapun modal yang Anda miliki jika tidak menguasai ilmu bisnis properti, maka bisa dipastikan modal akan habis atau mengalami kerugian yang tidak sedikit.

Bisnis properti merupakan bisnis yang menjanjikan, karena nilainya selalu bertambah setiap tahunnya. Menjalani bisnis ini akan membuat kita cepat kaya karena nilainya yang tinggi dan keuntungan yang besar. Tapi seiring dengan tingginya nilai profit semakin tinggi pula risiko yang mungkin terjadi. Jadi sebaiknya pemula harus mengetahui tips-tips dalam merintis bisnis properti sebelum memutuskan terjun ke lapangan.

Ø Mencari rumah yang akan dijual
Tidak sulit mencari informasi rumah yang dijual. Anda bisa memulainya dari lingkungan tempat tinggal. Mungkin ada tetangga atau kerabat Anda yang ingin menjual propertinya. Anda bisa mencoba menawarkan diri untuk membantu mempromosikan properti tersebut.

Ø Menawarkan proposal kerjasama menjual rumah
Apabila rumah yang dijual sudah didapatkan, saatnya menghubungi si pemilik rumah. Tawarkan kerja sama menjual rumah tersebut. Anda bisa membuat perjanjian dengan pemilik rumah mengenai harga jual rumah, sistem pembayaran, dan pembagian keuntungan pada makelar. Tanyakan semua hal yang berkaitan dengan jual beli rumah tersebut secara detail, agar Anda lebih mudah menjelaskannya pada pembeli.

Ø Jangan menaikkan harga dari penjual
Saat memutuskan menjadi makelar properti, ingatlah hal penting untuk tidak menaikkan harga properti tersebut dari harga yang diberikan penjual. Sebab dalam bisnis properti sudah disediakan komisi khusus untuk makelar yang mendapatkan pembeli. Biasanya jumlah komisi untuk makelar berkisar 2,5% dari harga jual properti.
Jadi misalnya Anda berhasil menjual properti senilai 200 juta, maka komisi yang didapat adalah Rp 200.000.000,00 x 2,5% = Rp5.000.000,00. Dari jumlah tersebut terlihat bahwa nilai yang dihasilkan dari penjualan cukup besar, jadi tidak perlu menaikkan harga jual ke pembeli, karena itu menunjukkan Anda tidak professional.

Ø Membuat website jual beli properti
Kemajuan teknologi yang ada memudahkan berbagai aktivitas termasuk jual beli menjadi lebih efektif. Menggunakan internet jarak menjadi lebih dekat dan komunikasi menjadi lebih lancar. Jadi manfaatkan kemudahan internet untuk membantu pemasaran properti yang Anda tawarkan.
Peluang bisnis properti Anda bisa lebih besar, karena melalui internet Anda bisa menjaring calon konsumen dari luar daerah. Properti yang diperjualbelikan juga lebih beragam.

Ø Pelajari administrasi jual beli
Tidak semua penjual dan pembeli properti memahami mengenai administrasi transaksi properti. Jadi ada baiknya, Anda memahami mengenai pengurusan dokumen dan alur transaksi properti yang benar sesuai hukum yang berlaku. Dengan demikian, Anda bisa membantu proses transaksi menjadi lebih mudah dan tentu saja hal ini menjadi nilai tambah bagi Anda sebagai perantara.
Sebenarnya tidak sulit menjadi pengusaha properti, jika Anda memahami aturan yang ada. Dengan banyak belajar dan mencari pengalaman, impian Anda menjadi pengusaha besar akan terwujud. Setidaknya pengalaman sebagai makelar akan membantu Anda memahami cara bisnis properti yang tepat dan mengembangkannya menjadi usaha yang bernilai tinggi.

sumber

Cara Bisnis Properti


EmoticonEmoticon