Sabtu, 27 Mei 2017

Inilah 5 Kesalahan Fatal Pebisnis Properti yang WAJIB Anda Ketahui


Menjalankan bisnis properti ternyata tidak selalu dikatakan mudah. Banyak orang yang gagal atau mengalami kerugian dalam menjalani bisnis ini. Meakipun setiap tahunnya orang pasti membutuhkan tempat tinggal atau bangunan, akan tetapi apabila anda melakukan hal yang salah akan menimbulkan risiko kerugian. Beberapa kealahan yang mungkin orang lakukan dalam bisnis property diantaranya adalah sebagai berikut ini.

1.     Gagal dalam membayar kredit atau hutang
Masalah ini lebih dikenal dengan istilah over kredit. Situasi ini adalah terjadi ketika anda sebagai pelaku bisnis gagal dalam membayar hutang atau kredit. Oleh karenanya anda harus mengalihkan bisnis property yang sedang anda jalani kepada pihak lain. Apabila hal ini terjadi maka akan sangat merugikan. Sebelumnya anda harus memperhatuikan kondisi keuangan anda sebelum menjalankan bisnis properti. Karena memang bisnis ini adalah suatu usaha yang memerlukan modal yang tidak sedikit. Perencanaan yang tepat harus anda lakukan. Jika anda mengalami kebingungan, anda dapat masuk ke dalam kelas bisnis property yang saat ini banyak dibuka untuk umum. Dalam kegiatan tersebut anda dapat menimba ilmu, atau dapat juga sekaligus memasarkan produk.

2.     Kurang tepat dalam memilih lokasi
Pemilihan lokasi akan sangat menentukan sukses tidaknya anda dalam menjalankan bisnis property. Anda harus mengetahui bagaimana rencana pembangunan yang akan dilakukan oleh pemerintah setempat agar tidak terjadi kesalahan yang fatal. Anda harus cermat dalam meneliti tempat yang strategis dan memiliki potensi. Jadi anda jangan hanya memperhatikan dan menawarkan property anda dengan harga murah, karena saat ini orang lebih banyak yang lebih mengutamakan kualitas. Membayar banyak di awal tidak menjadi masalah apabila selanjutnya memperoleh keuntungan yang lebih besar.

3.     Kurang adanya promosi
Promosi memiliki peranan yang sangat penting dalam menjalankan bisnis properti, terutama dalam penjualannya. Anda dapat mempromosikan dengan menggunakan baliho atau spanduk bahkan dapat juga secara online. Dengan promosi maka pelanggan akan tertarik. Jika hal tersebut tidak dilakukan maka properti anda kurang diminati dan bisnis anda akan mengalami kegagalan. Buatlah promosi yang menarik seperti cicilan yang murah sehingga pelanggan dapat tertarik untuk membeli ataupun menyewa properti anda.

4.     Tidak teliti dalam memilih pembeli
Anda bisa saja dihadapkan kepada penawaran dan calon pembeli yang terlihat baik. jika demikian anda harus teliti dan jangan terburu-buru. Terlebih dulu anda harus yakin bahwa orang tersebut mampu membayar dengan harga dan waktu yang telah disepakati bersama. Anda harus mengecek rekeningnya dan mintalah surat persetujuan dan prakualifikasi dari pihak bank oleh calon pembeli.

5.     Menetapkan harga terlalu tinggi
Dalam menentukan harga, nilailah secara objektif, bukan dari kerja keras yang telah anda lakukan dalam membangun property anda. Jika anda mematok harga dengan terlalu tinggi, orang juga akan berpikir panjang dalam menyewakan atau membeli properti yang anda miliki. Karena masih banyak pengusaha properti yang menawarkan harga dengan lebih murah dengan kualitas yang sama. Jadi pasanglah harga secara umum saja, dengan memperhatikan kualitas terutama pada sisi letak strategis atau tidak.

Itulah tadi bebeapa kesalahan yang mungkin banyak orang lakukan dalam menjalankan bisnis properti hingga mengalami kerugian. Hindarilah beberapa hal di atas jika ingin bisnis anda terus berjalan. Anda juga dapat belajar dari orang yang sudah berpengalaman atau mengikuti kelas bisnis properti yang saat ini banyak terbuka untuk umum.

sumber

Cara Bisnis Properti


EmoticonEmoticon