Rabu, 07 Juni 2017

5 Strategi Marketing Ampuh Untuk Menjual Properti



Mengetahui cara bisnis properti yang tepat dapat membuat bisnis berjalan lancar serta mendatangkan keuntungan yang besar. Karena jika hanya berbekal modal besar serta pengetahuan teoritis saja belumlah cukup. Harus ada strategi agar pemasaran properti tersebut bisa menarik banyak perhatian konsumen. Apalagi dengan semakin banyaknya orang yang terjun ke bisnis ini, sehingga saingan pun akan bertambah banyak dan mempersempit peluang mendapat konsumen.

Cara bisnis properti sebagai pengembang atau developer pun tidak hanya membuat sebuah bangunan dan kemudian selesai begitu saja. Karena lagi-lagi bangunan tersebut harus melewati tahap promosi agar bisa dikenal oleh konsumen. Namun seringanya setelah dipromosikan sekian lama tidak ada satupun konsumen yang tertarik dengan properti tersebut.  Apa gerangan yang salah ?

Mungkin saja selera konsumen memang tidak sesuai dengan properti tersebut, namun sebagian besar masalahnya adalah pada bentuk promosi yang kurang bagus. Karena itu ilmu pemasaran yang efektif dalam bisnis properti juga sangat penting, agar mampu menjangkau perhatian konsumen dan membuat mereka melihat properti tersebut.

Menetapkan target pasar
Agar pemasaran lebih terfokus sebaiknya tetapkan pangsa pasar properti tersebut. Apakah masyarakat kelas menengah atau tinggi ? Apakah masyarakat dengan batasan umur tertentu ? Dengan adanya target pasar yang jelas akan mudah pula mencari cara promosi yang tepat serta menyampaikan pesan yang jelas kepada konsumen. Sesuaikan target pasar dengan properti yang ada. Seperti properti rumah minimalis tentu akan lebih menarik minat bagi masyarakat dengan kondisi keuangan di level menengah.

Memberikan informasi properti dengan detail
Informasi mengenai properti tersebut akan berperngaruh besar untuk menarik perhatian konsumen. Cantumkan dengan jelas ukuran besar atau luas properti, kapan dibangun, material apa yang digunakan serta keunggulan dari properti tersebut. Dengan adanya informasi yang jelas bisa membuat konsumen mempertimbangkan banyak hal. Apalagi jika banyak keunggulan dari rumah tersebut yang sesuai dengan keinginan konsumen.

Tawarkan banyak keuntungan bagi konsumen
Konsumen pasti akan sangat tertarik dengan properti yang memberikan jaminan atau garansi. Dengan garansi tersebut konsumen setidaknya merasa yakin tidak akan kecewa dengan properti yang dibeli. Garansi tersebut bisa berupa jaminan harga properti yang akan naik, nilai investasi yang meningkat atau garansi mengurus surat-surat bangunan jika terjadi masalah.

Selain itu berikan pula promosi atau bonus dalam penjualan properti tersebut. Konsumen pasti akan tertarik jika ternyata ada potongan harga atau bonus seperti gratis furniture atau pemberian perangkat elektronik tertentu. Namun tentu saja bonus dan promo tersebut sudah disesuaikan dengan harga jual yang diatwarkan kepada konsumen.

Lakukan open house
Hal ini untuk memperlihatkan secara langsung properti yang akan dijual. Dengan begitu bisa lebih leluasa lagi untuk berkomunikasi dengan para konsumen. Developer bisa menginfokan keunggulan atau keuntungan apa saja yang bisa didapat dari properti tersebut. Selain itu developer juga bisa mengorek informasi tentang properti seperti apa yang diiingkan oleh konsumen. Dengan mengetahui keinginan konsumen maka developer bisa dengan mudah mencarikan properti yang sesaui.

Perbanyak memasang iklan
Jangan hanya memasang iklan terfokus pada satu tempat saja. Sebarkan flyer serta pasang iklan di koran atau majalah untuk lebih memperluas jaringan konsumen. Manfaatkan pula media online sebagai bentuk promosi yang lebih besar. Lebih bagus lagi jika memiliki website properti yang dengan mudah diakses oleh semua orang.  

Jangan lupa untuk mencantumkan berbagai kelebihan dari properti yang akan dijual dalam iklan. Konsumen cenderung merasa tertarik jika ada lebih dari 5 poin keunggulan dari properti tersebut. Yang jelas memberikan promosi yang maksimal merupakan bentuk pemasaran efektif  cara bisnis properti.

Cara Bisnis Properti


EmoticonEmoticon