Rabu, 07 Juni 2017

Alasan Mengapa Berbisnis Properti Harus Secara Profesional


Informasi mengenai cara bisnis properti yang profesional terkadang orang suka melupakannya. Sehingga di Indonesia di beberapa tempat masih saja menjadi sebuah kendala, baik itu sebuah kontroversi yang berakibat kepada dendam dan pengadilan. Hal tersebut terjadi untuk pemilik properti itu sendiri atau bahkan sebagai broker. Berikut ini beberapa tips untuk Anda mengenai cara bisnis untuk properti yang dianggap sebagai profesional.

Pemberian informasi yang lengkap
Memberikan sebuah informasi untuk penjualan sebuah properti sangatlah penting untuk Anda yang menjadi pihak penjual. Dengan adanya kelengkapan tersebut membuktikan bahwa Anda serius dalam hal menjual properti tersebut, baik itu tanah maupun rumah. Mungkin untuk rumah pastinya sangatlah panjang kelengkapannnya agar memudahkan para calon konsumen bisa tergambarkan segala situasinya. Inilah yang suka dilupakan oleh banyaknya orang, sehingga yang terjadi adalah ketika seseorang tidak menjadi membeli lokasi menyebabkan Anda sudah kehabisan waktu dan obrolan dengan calon pembeli.

Untuk rumah, pastikan informasi tersebut lengkap dari mulai alamat lengkapnya, fasiltias yang tersedia di dalam ada berapa kamar, status sertifitkat, dan lain sebagainya. Untuk tanah, sebaiknya perlihatkan status dokumennya secara lengkap, apakah itu masih keadaan AJB, GIRIK, atau sudah sertifikat. Jika tanah tersebut cukup luas, cobalah untuk mendapatkan informasi dari BPN (Badan Pertanahan Nasional) agar bisa melihat hal apa saja yang bisa diperuntukan pada tanah tersebut, apakah untuk perumahan, apartemen, dan lain sebagainya.

Pemberian sebuah kesepakatan
Cara profesional lainnya untuk Anda bisa berbisnis properti adalah adilnya dalam sebuah kesepakatan. Hal ini biasanya dilakukan ketika permasalahan akan terjadinya sebuah akad transaksi, terkadang kesepakatan di awal berupa ketika kesepakatan di akhir. Misal masalah pembayaran pajak yang mesti dilakukan oleh kedua belah pihak dan juga pembayaran kepada notaris. Alangkah lebih baiknya untuk mempersiapkan sebuah kesepakatan tersebut dari sejak awal, agar tidak terjadi sebuah komunikasi yang salah. Walaupun penjualan nilai properti Anda dianggap kecil, namun tetap saja berharga, jadi buat sebuah kesepakatan dan juga kepastian. Walaupun tidak tercatat secara tertulis, setidaknya kesepakatan tersebut harus terbukti misal dengan lewat sms bahwa pembayaran telah disepakati sekian dan sekian, atau lain cara dengan hal sesuai kondisi.

Pemberian kesepakatan untuk para broker pun untuk para pemilik properti harus dari awal agar tidak terjadi sebuah kesalahpahaman. Jangan sampai semuanya menjadi gagal dan berdampak negatif ketika kesepakatan berubah. Sikap profesional disini pun jika Anda menggunakan broker sebaiknya benar-benar dipersiapkan secara matang. Untuk pembelian tanah yang besar ataupun pembelian oleh sebuah perusahaan, tentunya agar Anda tidak tertipu sebaiknya meminta sebuah surat penawaran oleh pihak perusahaan agar bisa di cek keabsahannya. Karena, banyak pula beberapa perusahaan yang nakal untuk menjanjikan pembelian hanya berupa obrolan namun pada akhirnya hanya sebatas khayalan saja.

Manfaat profesional
Bagi Anda yang sudah merasakan dampak profesional itu sendiri pastinya sama-sama merasakan bahwa profesional lebih baik agar tidak terjadi sebuah kesalahpahaman yang berakibat hal negatif untuk semua pihak. Dengan profesional pun, Anda memiliki banyak bukti jika suatu saat kesalahpahaman tersebut berakibat kepada pengadilan. Dengan semakinya diri kita sikap profesional, maka kita akan mudah menghadapi hal-hal yang diluar peraturan undang-undang berlaku di Indonesia.

Demikian ulasan singkat di atas, semoga dapat bermanfaat dan memberikan sebuah wawasan baru mengenai cara bisnis properti yang profesional agar bisa mempermudah Anda ataupun pihak yang bersangkutan.

Cara Bisnis Properti


EmoticonEmoticon