Jumat, 02 Juni 2017

Inilah 4 Cara Bisnis Properti dengan Modal Minim


Cara bisnis properti yang menguntungkan tidak sulit dilakukan, karena bisnis ini memang jenis bisnis yang berpotensi menghasilkan banyak keuntungan daripada bisnis lainnya. Sebab dalam bisnis ini tidak mengenal istilah kerugian, karena ada banyak keuntungan yang didapat. Meskipun Anda memulai bisnis properti dengan modal minim, atau tanpa modal sekalipun, ada banyak peluang yang bisa diraih dari menjalankannya.

Cara memulai bisnis properti tidaklah sulit dan bisa dipelajari sambil praktik. Hal inilah yang membuat banyak orang tertarik melakukan usaha di bidang properti. Disamping itu keuntungan yang didapat bisa bernilai tinggi dibandingkan bisnis lainnya. Faktor terpenting dalam bisnis properti adalah kemampuan mencari pelanggan dan memberikan pelayanan yang profesional. Ada beberapa cara bisnis properti yang bisa dilakukan pemula seperti berikut ini.

1.   Bisnis jual beli tanah
Menjual tanah memang lebih mudah dibandingkan menjual rumah, karena tanah masih banyak tersedia apalagi di daerah pinggiran. Usahakan mengajak kerjasama pemilik lahan untuk menjualnya dengan sistem kavling.
Menjual tanah dengan luas yang besar agak sulit mencari pelanggan. Tapi jika tanah yang luas tersebut dibagi-bagi menjadi ukuran lebih kecil tentu banyak masyarakat yang bisa menjangkau untuk membelinya. Risikonya adalah Anda harus repot mengurus urusan administrasi pemisahan sertifikat dan biaya administrasi akan dimasukkan ke dalam harga jual.

2.   Bisnis jual beli rumah siap bangun
Saat ini menjual rumah yang belum dibangun sangat dimungkinkan. Beberapa bank pemberi KPR bersedia membiayai pembelian rumah siap bangun selama kelengkapan administrasi kepemilikan jelas. Anda tinggal berpromosi mencari konsumen yang mau membeli rumah siap bangun tersebut dengan sistem KPR.
Caranya dengan mencari pemilik tanah yang bersedia diajak bekerja sama . Kemudian cari arsitektur yang bisa mendesain rumah minimalis dengan desain menarik dan modern. Gunakan gambar tersebut untuk berpromosi. Selanjutnya, ajak rekanan developer atau investor yang bersedia membiayai pembangunan rumah tersebut.
Proses pembangunan dimulai setelah mendapatkan konsumen dan ada pembicaraan persetujuan dengan pihak bank. Biasanya bank tidak akan memberikan seluruh dana pembelian rumah. Pencairan dana akan dilakukan secara bertahap sesuai dengan perjanjian tahap pembangunan.

3.   Menjadi makelar rumah
Cara bisnis properti yang satu ini tidak membutuhkan modal sama sekali. Caranya hanya dengan mencari rumah yang akan dijual. Untuk memulainya bisa dari lingkungan sekitar tempat tinggal. Mungkin ada tetangga yang ingin menjual rumahnya. Anda bisa menawarkan diri untuk membantu menjualkan rumah tersebut.
Tanyakan kepada penjual mengenai kelengkapan surat kepemilikan, plus minus bangunan rumah, dan harga jual rumah. Tidak perlu menaikkan harga jual rumah, sebab dalam bisnis properti sudah ada kesepakatan komisi 2,5% untuk makelar. Tapi Anda tetap harus menanyakan mengenai komisi ini pada penjual agar tidak terjadi kesalahpahaman.

4.   Menjadi agen properti
Menjadi agen properti hampir sama seperti makelar, tetapi lebih canggih. Caranya dengan membuat website yang khusus menjual properti. Kemudian daftarkan nama agen properti tersebut secara hukum. Berikan konten yang menarik dan layanan yang profesional. Memang membuat agen properti ini membutuhkan biaya, jadi atur keuangan Anda dengan baik.
Cari rumah-rumah yang akan dijual dan sebarkan melalui website. Jika usaha ini ramai, lama kelamaan akan banyak orang yang datang menitip jual rumah melalui agen properti Anda. Jadi Anda tidak perlu repot mencari rumah yang akan dijual.
Pilihan bisnis properti tersebut dapat dipilih sebagai usaha permulaan dalam merintis bisnis properti yang lebih profesional. Lakukan cara bisnis properti dengan tepat agar usaha Anda berjalan lancar.

Cara Bisnis Properti


EmoticonEmoticon