Rabu, 07 Juni 2017

Mengenal Lebih jauh Tentang Bisnis Properti


Bisnis properti merupakan salah satu bisnis yang dianggap sebagai bisnis yang sangat menguntungkan. Bisa kita lihat sekarang ini banyak orang berkecimpung di dalam bisnis ini.

Apa bisnis properti itu ?
Sebenarnya apakah yang dimaksud bisnis properti itu? Apakah bisnis tersebut menjual segala peralatan perlengkapan gitu ya? Bisnis properti terdiri dari dua kata “ bisnis dan properti” Menurut Skinner ( 1992) dan Anoraga ( 2005 ) menyatakan bahwa bisnis adalah sebuah pertukaran barang , uang , dan jasa yang mana dapat saling menguntungkan dan memberi manfaat bagi pelakunya. Sedangkan properti adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan benda mati misanya lahan, hunian , jenis bangunan perkantoran, dan jenis bangunan yang digunakan untuk perdagangan.

Dari penjelasan diatas bisa disimpulkan bahwa bisnis properti adalah sebuah bisnis dimana terjadinya sebuah pertukaran (transaksi ) barang, jasa, dan uang yang mempunyai keterkaitan dengan laha,hunian, bangunan perkantoran , dan jenis bangunan komersial lainya.

Macam – macam bisnis properti
Jika anda tertarik di dalam melakoni bisnis properti, anda dapat menginventasikan modal anda untuk menggeluti bidang bisnis ini. Secara teoritis, inventasi dalam bisnis properti diklasifikasikan menjadi beberapa jenis , yaitu :

a. Tempat hunian ( residensial )
Bisnis ini terkait dengan transaksi jual beli bangunan yang sudah jadi dengan dilengkapi prasarana yang sudah lengkap. Contohnya adalah jual beli perumahan.

b. Bangunan komersil ( tempat usaha)
Terkait dengan transaksi jual beli sebuah bangunan jadi yang diperuntungkan untuk membuka suatu tempat usaha. Anda disarankan untuk memilih bangunan yang terletak di daerah strategis untuk berbisnis. Contoh dari jenis bisnis ini adalah pertokoan.

c. Bangunan perkantoran
Adalah bisnis yang terrkait dengan jual beli bangunan jadi yang nanti akan dijadikan sebagai sebuah perkantoran pada sebuah lembaga atau perusahaan.

d. Lahan
Bisnis ini terkait  dengan jual beli tanah kosong saja namun sudah dilengkapi dengan prasarana listrik, drainase yang sudah siap dibangun menjadi rumah. Contohnya bisnis jual beli tanah kavling pada komplek perumahan.

e. Bagunan peternakan , pertanian, dan perkebunan
Bisnis yang dilakukan untuk memperjual belikan bangunan jadi yang digunakan untuk pertanian, perkebunan, dan peternakan di mana  bagunan tersebut terletak di daerah yang bisa mendukung semua kegiatan tersebut.

f. Produk properti dengan tujuan khusus
Bisnis ini mempunyai tujuan untuk memenuhi segala kebutuhan masyarakat yang bersifat khusus. Contohnya adalah bangunan instansi / lembaga masyarakat, tempat ibadah, sekolah, balai pertemuan, kantor kecamatan, dan sebagainya.

Tujuan Berbisnis properti
Setiap sebuah bisnis pastilah mempunyai sebuah tujuan yang ingin dicapai. Sama halnya dengan bisnis , bisnis propeti juga mempunyai beberapa tujuan utama yang ingin dicapai yaitu :
a. Mencari keuntungan di dalam berbisnis
b. Berusaha mempertahankan hidup sebuah lembaga atau perusahaan
c. Pertumbuhan perusahaan
d. Tanggung jawab sosial

Pada dasarnya tujuan utamanya adalah untuk mencari keuntungan seperti tujuan semua bisnis pada umumnya. Tidak mungkinkan anda tidak ingin mendapatkan keuntungan di dalam menjalankan sebuah bisnis, bukan? Namun, selain mendapatkan keuntungan,bisnis properti ini juga lebih menitik beratkan pada pengembangan misi sosial dengan membantu masyarakat yang berpendapatan rendah namun ingin menjalankan suatu bisnis. Wujud dari misi sosial ini adalah dengan memberikan bantuan subsidi pada masyarakat atau ikut serta dengan pemerintah atau lembaga non profiit di dalam membangun perumahan /pemungkiman akibat adanya bencan tsunami, tanah longsor, banjir dan gempa
Cara Bisnis Properti


EmoticonEmoticon